Fresh installation ESX, but no network connectivity

Posted on Updated on

Pengalaman pertama setelah 2 tahun bermain di VMware🙂.

Ketika saya selesai install 3 ESX di HP DL385G6 dengan 4 NIC Broadcom 1GB. Kemudian saya ping ke gateway…loh kok error, trus saya coba ping ke localhost ternyata bisa. Kemudian saya coba lakukan hal yang sama di 2 ESX lainnya loh kok error juga…walaah.

Pikiran pertama langsung kearah Switch, mereka pakai Cisco Catalyst 3650. Coba cek konfigurasi-nya semua OK, waduh apa ya..kemudian VLAN saya buat menjadi native, coba lagi masih error. Terus saya coba ganti kabel network…coba lagi error lagi. Kenapa ini ya..akhirnya saya coba cek pakai cross cable dari ESX server langsung ke Laptop saya, masih tidak bisa di Ping… duuhh bakalan panjang nih.

Kemudian saya coba masuk ke console ESX, kemudian saya lakukan:

esxcfg-nics -l .. outputnya semua nics terdaftar kecuali 1 server ESX.

esxcfg-vswitch -l .. ok semua, vswitch di tagging oleh vnic1.

esxcfg-vswif -l..  LOH kok service console dapat IP yang beda dengan ESX Host..kok bisa ya.

Ternyata di 2 ESX Server, Service Console IP berbeda segment dengan ESX Host, pantas tidak bisa di ping.

Kemudian saya ganti IP Service Console dengan command:

esxcfg-vswif -a vswif0 -p Service\ Console -i 10.11.14.11 -n 255.255.255.128 -b 10.11.14.1

Akhirnya berhasil… tapi baru 2 ESX Server. Masih ada 1 ESX lagi nih bermasalah.

saya coba lagi:

esxcfg-nics -l .. Loh kok cuma 2 NIC yang terlist, kemana 2 NIC lainnya…apakah disable di BIOS-nya? (4 NICs embedded di mainboard). Saya masuk ke BIOS, semua NIC enable, kok bisa ya….

Akhirnya saya bongkar server, pastikan semua berada di posisinya, kemudian saya nyalakan, dan diinnggg..normal kembali. Wah ini pasti mainboad-nya cacat. Daripada nanti di complain terus oleh customer, akhirnya saya buat log ke HP untuk penggantian mainboard.

Masih banyak yang harus dikerjakan nih..belum lagi config Storage Mirroring..maklum ESX yang saya config ini untuk DRC, sedangkan primary site mereka sudah memakai VMware.

Leave a Reply

